Monday, March 4, 2013

Logo sederhana: Sweet Choco

Saya membayangkan diri saya sebagai seorang desainer logo. Seandainya ada bisnis cokelat baru yang membutuhkan logo datang ke saya, kira-kira logo seperti apa yang akan saya coba buat? Anggap saja nama usaha baru itu "Sweet Choco"(abaikan keklisean namanya, ya? :p).

Dan desain yang saya buat adalah seperti ini:


Yang menjadi nilai jualnya adalah bentuk bekas gigitan di dua ujungnya. Dan bagi yang penasaran bagaimana  cara membuatnya, mari bersama mengikuti 'resep' berikut :)


  • Buat tulisan "Sweet Choco" terlebih dulu. Font yang saya gunakan di sini adalah  Tw Cen MT condensed Extra Bold ukuran 144. Silakan jika ingin berkreasi dengan jenis font lainnya. 
  • Warna font diganti dengan warna cokelat. Saya menggunakan warna cokelat dengan kode hex #78442. Warna ini bisa dipilih dari palet warna default dari inkscape di bagian bawah jendela kerja (tinggal blok tulisan dan klik warnanya).Cara lainnya adalah dengan menggunakan "Fill and Stroke" (Object>Fill and Stroke). Pada mode ini pilih flat color (di sebelah tanda silang), lalu pilih "Wheel", dan isikan 784421ff di kotak isian RGBA. Cara ini mungkin agak repot,tetapi membuka jendela bantuan "Fill and Stroke" bukan sesuatu yang merugikan, malah akan sangat banyak membantu di langkah-langkah berikutnya. 
  • Sekarang mari membuat 'bayangannya'. Seleksi keseluruhan kalimat, lalu beri efek linked offset (Path>Linked Offset). Akan terlihat bentuk seperti ketupat di atas kalimat. Tarik bentuk tersebut hingga terlihat tulisannya mengembang. Seleksi bagian yang telah mengembang ini dan ganti warnanya pada bagian "Fill and Stroke" dengan ffb700ff  (kotak isian RGBA "Wheel"). Seleksi bagian bayanagn dengan tulisan sebelumnya lalu jadikan satu grup (Ctrl + G). Maka bagian tulisan sudah jadi! Sekarang tinggal membuat latarnya.
Contoh warna yang saya gunakan

  • Buat sebuah segi empat dengan mengklik icon berbentuk segi empat di kiri layar. Pilih warna cokelat gelap (terserah warna cokelat yang mana, yang penting lebih gelap dari warna cokelat untuk tulisan). Pada menu "Fill and Stroke" pilih "Stroke Paint" lali klik tanda X. Ini akan membuat garis pinggir di sekitar segi empatnya hilang.
Bisa juga dengan shortcut F4...  Yeah, right!
At least di Inkscape F4 jauh lebih berguna daripada kelompok F4  :p
  • Buat lingkaran (icon lingkaran hanya sejauh 2 icon di bawah icon rectangle, atau tekan F5 untuk mudahnya). Copy - paste lingkarannya 2 kali. Sekarang sudah ada 3 lingkaran. Dekatkan satu sama lain dan satukan dengan perintah union (Path>Union).
  • Tumpuk lingkaran di salah satu sudut segi empat. Seleksi keduanya, lalu pilih perintah difference (Path>Difference). Shortcutnya "Ctrl+-". Hasilnya adalah bentuk seperti batang cokelat tergigit.
Yummy!
  • Seleksi obyek baru ini, copy - paste, dan putar salah satunya 180 derajat (gunakan icon rotate di icon bar atas).
Gunakan yang kedua dari kanan dan yang paling kanan
  • Tumpuk keduanya dan satukan dengan "Union". Pastikan sisi-sisinya tidak ada yang menonjol. Bagian latar selesai dibuat!
Contoh yang salah 
Contoh yang benar akan membuat batang cokelat
yang mulus saat disatukan
  •  Seleksi hasil penyatuan ini, putar 90 derajat (gunakan icon rotate paling kiri atau yang di sebelahnya), dan letakkan tulisan "Sweet Choco" yang dibuat sebelumnya di atas gambar cokelat ini. Kalau gambar  cokelatnya ada di atas tulisan, seleksi tulisannya dan tekan "home" di keyboard. Dengan demikian, maka logo "Sweet Choco" telah selesai. Saya menambahkan garis kurva dengan tool Bezier, mode Spiro, shape yang dipilih adalah ellipse. 

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat bagi semua yang membaca.

Salam :)



No comments:

Post a Comment